Sukses Mancing Ikan Bawal di Kolam Pancingan

Tips dan Trik ~ Halo Sobat Angler, Salam STRIKE! Kembali lagi bersama kami yang akan selalu hadir untuk memberikan informasi mengenai seputar dunia memancing. Pada halaman kali ini kami akan membagikan Tips Jitu Sukses Mancing Ikan Bawal di Kolam Pancingan JOSS!

Ikan bawal merupakan ikan yang galak, ikan predator bergigi sangat tajam dan kuat dan suka menggerombol. Ikan bawal yang besar bisa mencapai 20kg, apabila tersakiti dia akan meloncat dari dalam air seperti terbang menyambar-nyambar kesana kemari.

Tips Jitu Sukses Mancing Ikan Bawal di Kolam Pancingan JOSS!

Untuk bisa sukses mancing ikan bawal di kolam pancingan tentunya dibutuhkan teknik dan umpan yang tepat, berikut ini kami akan membagikan Tips Jitu Sukses Mancing Ikan Bawal di Kolam Pancingan JOSS!

1. Alat Pancing Yang Tepat

Mancing ikan bawal di empang atau kolam pemancingan menggunakan senar yang kuat tapi berukuran kecil dan jangan menggunakan PE (nylon) secara keseluruhan.

Gunakan senar pancing sangat kecil tapi kuat, kemudian disambung dengan PE sekitar 4cm di bagian kail. Senar pancing yang kecil ini diharapkan agar ikan bawal tidak bisa melihat senar pancingan anda, sedangkan PE 4cm diharapkan agar tidak putus terkena gigi gergaji dari ikan bawal. Ini bertujuan untuk mensiasati cerdas dan tajam penglihatan ikan bawal.

Gunakan pelampung busa benang sekecil mungkin dan buat agak masuk dari permukaan air. Pelampung disini fungsinya bukan untuk mengangkat kail dan umpan akan tetapi hanya meluruskan senar pancing ke atas dan sebagai penanda (indikator) dari dimakannya umpan atau tertabraknya senar pancing oleh si ikan bawal.

2. Perhatikan Gerakan Permukaan Air Kolam

Apabila ikan bawal berdiam di suatu tempat di dalam empang atau kolam pancingan, umumnya akan memberikan tanda berupa keruhnya air kolam atau ada gerakan memutar benda-benda kecil di permukaan kolam, atau bahkan airnya sendiri terlihat bergerak memutar.

Kondisi lain dari pertanda adanya ikan bawal di bawah permukaan air kolam adalah munculnya sedikit minyak ke permukaan air, maka kemungkinan besar ada ikan bawal mendekam di tempat itu. Jatuhkan kail di tempat yang dicurigai ada ikan bawal tersebut, jatuhkan kailnya harus sangat pelan-pelan agar ikan bawal tida kabur.

3. Perhatikan Gerakan Pelampung

Jangan terburu-buru menghentakkan joran ketikan pelampung baru bergerak sedikit, tetapi hentakan joran ketika pelampung benar-benar telah terbawa masuk ke dalam air kolam.

Berbeda halnya apabila anda mancing tanpa umpan atau setekan, segera hentakkan joran ke atas lurus dengan agak keras ketika pelampung bergerak sedikit atau bergeser dari posisi semula kesamping atau memutar, sebab itu artinya bawal sudah menempel atau mendorong senar pancing.

Apabila pelampung masuk sangat ke dalam kolam, biasanya justru akan meleset dari kail akan tetapi ini juga tidak terlalu meleset. Tips memahami gerak pelampung dalam memancing ikan bawal di kolam pemancingan ini seperti sepele akan tetapi sangat penting.

4. Meracik Umpan Bawal

Ikan bawal ini ketika dewasa bersifat omnivora atau pemakan segala, baik daging ataupun bukan daging. Terkesan aneh tapi nyata, di beberapa tempat pernah trend umpan biji kacang panjang dalam memenangkan lomba mancing ikan bawal.

Tips jitu yang perlu diingat terkait dengan mancing ikan bawal di kolam pemancingan ini yaitu bawal sangat mudah bosan, atau ingat dia makan apa ketika terkena kail, sehingga ikan bawal tidak lagi suka dengan umpan-umpan yang dulunya dia suka.

Umpan-umpan yang baik untuk mancing ikan bawal seperti : tempe mentah, cacing (gunakan cacing posfor pada malam hari), udang, dan Pelet Super Aquatic dengan aroma yang menyengat.

Umpan Pelet Super Aquatic ini umumnya manjur untuk segala kondisi air, dan juga bisa ditambahkan dengan essen dari produk Aquatic untuk meracik umpan.



Itulah beberapa Tips Jitu Sukses Mancing Ikan Bawal di Kolam Pemancingan JOSS! Yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat, selamat mencoba SALAM STRIKE!



Rekomendasi Umpan Pelet Super Aquatic Untuk Mancing Ikan Bawal!

Untuk Pemesanan Via WhatsApp/Tokopedia

Customer Service Toko Lapakessen

Hotline : 082263816767 (Telp./SMS/WA)
Jln. Noenoeng Tisna Saputra, Kahuripan, Tawang, Tasikmalaya, Jawa Barat 46115 Indonesia

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *